Panduan Cara Membuat NFT di Tahun 2023

Non-fungible Token, atau NFT adalah aset digital dengan identitas unik yang disimpan dan diverifikasi di blockchain.

Non-fungible Tokens, atau NFTs, mendapat banyak perhatian akhir-akhir ini. Ini tidak mengherankan, terutama ketika Anda mendengar cerita tentang seniman yang telah menghasilkan puluhan juta dolar dengan menjual satu NFT saja.

Saat Anda melihat market, NFT telah meroket dalam satu tahun terakhir saja. Menurut bank investasi Jefferies , industri NFT akan mencapai valuasi $80 miliar pada tahun 2025.

Tapi apa itu NFT, dan bagaimana cara membuatnya?

Konsepnya bisa sedikit membingungkan untuk dipahami. Tapi jangan khawatir, kami akan memandu Anda melalui semua dasar-dasar yang perlu Anda ketahui, ditambah langkah-langkah untuk membuat dan mencetak (minting) NFT Anda sendiri.

Apa itu NFT?

NFT adalah aset digital dengan identitas unik yang disimpan dan diverifikasi di blockchain (buku besar digital). Setiap NFT tidak dapat dipertukarkan, artinya tidak dapat ditukar dengan aset lain dengan nilai serupa. Aset NFT umum meliputi gambar, video, musik, GIF, dan barang koleksi.

NFT memegang nilai karena hanya ada satu versi dari aset yang dibuat. Dengan kata lain, NFT hanya dapat memiliki satu pemilik pada satu waktu—tidak ada yang dapat mengubah kepemilikannya atau mencetak NFT yang sama di blockchain. Mengingat kelangkaan ini, pembuat/pemilik NFT memiliki kemampuan untuk menetapkan tarif sendiri untuk aset mereka.

Bagaimana cara kerja NFT?

NFT membutuhkan pembuatan token digital, melalui teknik yang disebut kriptografi. Di dunia crypto, proses pembuatan token ini disebut sebagai minting. Biasanya, untuk membuat NFT, Anda harus membayar untuk membuat kontrak cerdas menggunakan mata uang kripto.

Kontrak pintar adalah bagian dari kode perangkat lunak yang memungkinkan blockchain menyimpan informasi dengan cara yang aman dan transparan. Pada akhirnya, kode-kode inilah yang mengelola kepemilikan dan transferabilitas NFT.

Siapa yang dapat membuat NFT?

Siapa pun yang memiliki sedikit uang untuk dibelanjakan dapat membuat NFT. Platform NFT saat ini menawarkan alat yang memungkinkan Anda membuat semua jenis NFT, serta melampirkan konten yang tidak dapat dibuka ke file Anda. Baik Anda seorang seniman, musisi, kolektor, pengusaha, atau perusahaan, Anda dapat membuat NFT sendiri dengan menggunakan alat pencetakan mudah yang tersedia di pasar NFT.

Contoh NFT populer

Sebelum masuk ke seluk beluk pembuatan NFT, mari kita bahas beberapa contoh NFT populer agar Anda terinspirasi.

Everydays: the First 5000 Days

Everydays: the First 5000 Days

NFT ini adalah kolase digital dari 5.000 gambar yang dibuat oleh Mike Winkelmann, seorang seniman digital yang secara profesional dikenal sebagai Beeple. Itu dicetak sebagai file JPG dan dijual dengan rekor $ 69,3 juta di rumah lelang besar pada tahun 2021. Nilai NFT ini terletak pada 5.000 gambar futuristik harian yang dibuat Beeple setiap hari, dari 1 Mei 2007 hingga 7 Januari 2021.

Nyan Cat GIF

Nyan Cat GIF

Hal keren tentang NFT adalah siapa pun dapat mengubah kreasi mereka menjadi aset satu-satunya. Untuk peringatan 10 tahun, pencipta Nyan Cat memutuskan untuk mengubah GIF yang sangat populer menjadi NFT dan melelangnya. Bisakah Anda menebak berapa tawaran yang menang itu? 300 token Ethereum! (Lebih dari Rp. 8,3 Miliar rupiah berdasarkan harga Ethereum pada saat penulisan ini.)

Bored Ape Yacht Club

Bored Ape Yacht Club

Bored Ape Yacht Club adalah koleksi NFT terlaris dari 10.000 kera kartun. Itu adalah gagasan dari empat teman yang terinspirasi untuk menggunakan kera sebagai avatar sosial mereka karena "meniru" adalah istilah untuk orang yang akan membeli NFT baru tanpa mempertimbangkan risiko yang terlibat. Sedikit yang mereka tahu, beberapa tahun kemudian semua orang mulai dari pengusaha hingga selebritas akan meniru dan menghabiskan ratusan ribu dolar untuk kreasi mereka. (Baru-baru ini, Eminem menghabiskan $462.000 untuk mendapatkan NFT Bored Ape Yacht Club.)

Doge NFT

Doge NFT

Dengan cara yang sama para kolektor membayar mahal untuk mainan kultus dan barang langka, Doge NFT menunjukkan bagaimana kelangkaan digital dapat membuat kreasi ikonik menjadi berharga. Pada Juni 2021, meme kultus anjing Shiba Inu yang menyeringai bernama Kabosu terjual seharga $4 juta. Menariknya, grup investor NFT yang membeli NFT sekarang menjual kepemilikan fraksionalnya, yang berarti siapa pun dapat memilikinya hanya dengan $1.

Cara membuat dan mencetak NFT

Sekarang untuk bagian "daging" nya. Mari kita lihat langkah-langkah dasar untuk membuat NFT Anda sendiri. Perlu diingat bahwa ini tidak dimaksudkan sebagai panduan yang komprehensif. Ada berbagai cara untuk melakukannya tergantung pada alat yang Anda gunakan, jadi gunakan tip ini sebagai pedoman umum.

Tentukan jenis NFT yang ingin Anda buat

NFT serbaguna—Anda memiliki banyak pilihan untuk memilih jenis yang ingin Anda buat. Pilihan Anda meliputi karya seni, tiket acara, meme, media dan musik, game, barang virtual, dan banyak lagi. Anda bahkan dapat membuat NFT untuk barang-barang nyata, seperti barang koleksi yang berharga atau foto yang ditandatangani oleh selebritas.

Biasanya dalam bentuk file gambar, audio, atau video, seperti JPG, PNG, MP4, MOV, dan sejenisnya.

Jika Anda memutuskan untuk membuat NFT sederhana, Anda tidak perlu pengembang. Tetapi jika NFT Anda adalah item yang lebih rumit, seperti game, atau memiliki kontrak cerdas yang rumit (syarat penjualan), Anda mungkin memerlukan bantuan pengembang.

Saat membuat NFT pertama Anda, pikirkan tentang bagaimana Anda dapat menawarkan nilai kepada audiens Anda. Jika Anda sudah memiliki bisnis, Anda dapat mencoba membuat kartu loyalitas atau kode promo eksklusif. Dan Anda selalu dapat menyewa seorang seniman untuk membuat karya seni khusus untuk Anda.

Pilih pasar NFT

Ketika datang untuk menemukan tempat mencetak barang Anda, ada banyak pasar NFT untuk dipilih. Setiap pasar NFT memiliki pro dan kontra sendiri untuk penjual, jadi pastikan Anda melakukan riset sebelum membuat pilihan. Tiga yang paling populer adalah OpenSea , Rarible , dan SolSea.

Rarible

Platform ini memudahkan pembuat baru untuk terjun ke dunia NFT. Beberapa mengharuskan Anda untuk mengautentikasi atau menulis NFT Anda di blockchain, sementara beberapa seperti OpenSea dan Rarible mengizinkan "pintasan" seperti Lazy minting. Dalam Lazy minting, Anda dapat menghindari sejumlah biaya dengan memasang NFT Anda untuk dijual tanpa menuliskannya di blockchain, lalu meneruskan biaya tersebut kepada pembeli Anda jika sudah dibeli.

Salah satu pertimbangan terpenting bagi pemula adalah biaya, yang sering disebut sebagai “gas”. Setiap pasar memiliki biayanya sendiri tergantung pada bagaimana Anda berencana untuk mencetak dan menjual NFT Anda. Misalnya, OpenSea memerlukan biaya untuk menginisialisasi akun Anda, yang dalam beberapa kasus dapat menelan biaya hingga $100.

Siapkan dompet crypto

Langkah selanjutnya adalah membuat dompet digital tempat Anda menyimpan cryptocurrency dan NFT. Pertimbangan penting yang harus Anda buat saat memilih dompet adalah apakah itu kompatibel dengan blockchain dan pasar NFT yang ingin Anda gunakan untuk mencetak NFT Anda.

Meskipun tidak ada kekurangan dompet crypto di luar sana, sebagian besar pembuat NFT menggunakan dompet ekstensi browser MetaMask. Dompet ini mudah diatur dan terhubung ke sebagian besar blockchain yang digunakan untuk membuat dan memperdagangkan NFT, termasuk Ethereum dan Binance Smart Chain. Dompet umum lainnya adalah Enjin, AlphaWallet, dan Trust Wallet.

Sebagian besar dompet NFT berbasis browser, yang berarti mereka sama amannya dengan aplikasi browser yang mendasarinya. Untuk keamanan maksimum, kami menyarankan untuk berinvestasi dalam dompet perangkat keras seperti Ledger Nano X. Dompet perangkat keras menyimpan kunci pribadi Anda secara offline, yang digunakan untuk mengelola berbagai koin dan aset NFT di blockchain.

Ledger

Beli crypto melalui broker

Setelah Anda membuat dompet, saatnya untuk membeli beberapa mata uang kripto sehingga Anda dapat membayar "gas fee" untuk mencetak NFT Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat akun dengan broker yang memiliki reputasi baik, seperti Binance, Tokocrypto, atau Indodax. Prosesnya cukup sederhana dan dapat diselesaikan di smartphone Anda.

Sekarang setelah Anda memiliki akun, Anda dapat masuk dan membeli mata uang kripto. Untuk pencetakan NFT, Anda perlu membeli koin Ethereum (ETH) atau Solana (SOL) tergantung pada blockchain mana yang ingin Anda cetak. Setelah selesai, transfer koin Anda ke dompet yang Anda atur di langkah sebelumnya.

Untuk mentransfer dari bursa ke dompet kripto Anda:

  1. Masuk ke bursa.
  2. Buka tab Dompet di navigasi atas atau bawah.
  3. Ketuk Tarik dan pilih mata uang yang relevan.
  4. Masukkan alamat dompet Anda di bidang Alamat.
  5. Pilih jaringan yang tepat (ERC-20 untuk ETH, Solana untuk SOL).
  6. Masukkan jumlah dan tekan Withdraw.

Hubungkan dompet Anda ke platform NFT dan mint

Setelah mengisi ulang dompet Anda, Anda harus menghubungkannya ke platform NFT yang akan Anda gunakan untuk membuat aset digital Anda. Izinkan kami mengilustrasikan langkah-langkah yang perlu Anda ambil (kami akan menggunakan marketplace Rarible sebagai contoh).

  1. Buka Rarible.com dan klik tombol Hubungkan dompet di sudut kanan layar.
  2. Pilih dompet digital Anda (seperti MetaMask) dan berikan izin Rarible untuk melihat akun Anda.
  3. Klik Hubungkan dan terima persyaratan layanan platform dan konfirmasi usia.
  4. Kembali ke beranda Rarible dan klik tombol Buat biru di kanan atas.
  5. Pilih antara membuat satu salinan digital NFT Anda dan membuat banyak salinan untuk menjual barang yang sama berkali-kali.
  6. Unggah file digital yang ingin Anda cetak sebagai NFT.
  7. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih bagaimana Anda ingin menjual file NFT Anda. Tidak wajib untuk menjual aset saat membuatnya. Anda juga dapat menjualnya dan menetapkan harga minimum setelah mencetaknya.
  8. Pilih apakah Anda ingin menawarkan versi resolusi tinggi penuh dari NFT Anda atau menambahkan konten yang tidak dapat dibuka melalui tautan unduhan atau halaman web rahasia.
  9. Pilih Rarible sebagai koleksi untuk NFT.
  10. Tambahkan judul dan deskripsi untuk seni NFT Anda.
  11. Tentukan persentase royalti tertentu yang ingin Anda terima untuk penjualan sekunder.
  12. Tentukan properti file Anda seperti warna atau ukuran dalam piksel.
  13. Klik Buat item.
  14. Setujui transaksi di dompet crypto Anda (bayar biaya gas).
  15. Klik Konfirmasi > Unggah file dan token Mint.
  16. Konfirmasikan integrasi kontrak di dompet Anda (sedikit biaya gas akan dikenakan untuk membuat kontrak pintar).
  17. Tandatangani pesanan penjualan dengan mengklik Masuk ke dompet Anda.

Dan itu saja. NFT Anda sekarang dicetak. Untuk menemukan NFT yang dibuat, klik Profil > Item Saya. Koleksi NFT Anda muncul di layar Anda.

NFT tidak sejauh yang Anda pikirkan

Ketika Anda pertama kali mendengar tentang NFT, tampaknya terlalu rumit atau tidak mungkin untuk benar-benar masuk ke pasar sendiri. Tetapi dengan penelitian menyeluruh, ketekunan, dan kreativitas, hal itu lebih dapat dicapai daripada kelihatannya.

Dan siapa tahu: jika Anda memainkan kartu Anda dengan benar, Anda mungkin akan bergabung dengan klub NFT jutaan dolar suatu hari nanti!

FAQ Cara membuat NFT

Berapa biaya untuk membuat NFT?

Biaya pencetakan NFT seringkali bervariasi tergantung pada biaya "gas fee" dan situs. Di blockchain Ethereum, misalnya, Anda harus membayar sekitar $70 untuk mengamankan token. Biaya situs rata-rata sekitar $300, meskipun beberapa situs mengizinkan Anda mendaftar NFT secara gratis.

Bisakah Anda membuat NFT gratis?

Mungkin saja platform NFT yang Anda pilih mendukung lazy minting. Proses ini menghasilkan metadata untuk NFT tanpa benar-benar membuat token NFT itu sendiri. Ketika seseorang membeli NFT itu, NFT itu kemudian dicetak secara resmi, dan biaya gas yang dikeluarkan ditanggung oleh pembeli. Perlu diingat bahwa biaya mungkin mengejutkan orang yang mencoba membeli kreasi Anda. Jadi, sementara Anda ingin menghindari biaya pencetakan, Anda mungkin akan tidak memiliki penjualan dan peluang portofolio karena pembeli tidak mau membayar biaya tambahan untuk "minting".

Sumber: Orbelo

Baca juga:
Stay curious and keep learning.