SIcBCNYYowU9yLaT7xeY79BwuoTOboEitKQqE4L9

[Ulasan] Buku "Negeri Para Bedebah" - Tere Liye

Resensi Buku 'Negeri Para Bedebah' - Tere Liye

Negeri Para Bedebah - Paperback oleh Tere Liye
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
440 halaman
ISBN: 9789792285529
ISBN Digital: 9786020383736

Diterbitkan pertama kali oleh
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama anggota IKAPI, Jakarta, Juli 2012
Cetakan kelima belas: April 2018 Cetakan keenam belas: Juli 2018
Di Negeri Para Bedebah, kisah fiksi kalah seru dibanding kisah nyata. Di Negeri Para Bedebah, musang berbulu domba berkeliaran di halaman rumah. Tetapi setidaknya, Kawan, Di Negeri Para Bedebah, petarung sejati tidak akan pernah berkhianat.

Kutipan diatas adalah blurb dari novel Negeri Para Bedebah karya Tere Liye yang mencuri perhatianku di rak toko buku ketika itu. Judul yang lumayan relate dengan pandanganku kepada negeri ini.

Sinopsis singkat:

Thomas adalah seorang konsultan keuangan profesional. Berusaha menyelamatkan bank semesta milik Omnya, Liem. Karena tidak bisa menutup kliring antarbank, berakibat saham Bank Semesta akan dihentikan perdagangannya di bursa oleh otoritas bank sentral.

Usahanya tidak berjalan mulus begitu saja. Rintangan datang bertubi-tubi menghampirinya. Dengan tak-tik yang cerdas akhirnya bank semesta selamat dari kebangkrutan dibantu dan didampingi Julia, wartawan cantik yang pernah mewawancarainya. Juga rekan-rekannya yang setia meskipun ada pula yang mempunyai kepentingan pribadi alias berkhianat.


Kelebihan:

Tema cerita yang cukup kompleks tapi dikemas secara sederhana. Drama fiksi yang menarik, mudah dipahami meskipun tema yang diangkat cukup berat.

Pengetahuan Tere Liye dibidang ekonomi sangat ketara disini. Terlihat dari istilah-istilah akademis yang banyak diterapkan didalamnya. Juga konflik dengan alur menegangkan sangat membuat penasaran apa yang akan terjadi selanjutnya.

Bumbu-bumbu politik membuat ceritanya semakin ciamik.


Kekurangan:

Tidak banyak kekurangan yang aku jumpai dalam novel ini. Bagian diksi-diksi akademis lumayan membuat sesi membacaku berhenti sejenak untuk membuka google. Mencari tahu apa makna dan artinya agar ceritanya bisa nyambung. Tapi untuk yang sudah mengerti ilmu ekonomi tidak akan ada kendala.


Akhir kata:

Novel Negeri Para Bedebah ini menjadi perkenalanku dengan karya Tere Liye. Kesan pertama yang baik merujuk keinginanku untuk membaca karya-karyanya yang lain.
Related Posts
Abengkris
Seorang ambivert yang mulai berdamai dengan dirinya sendiri melalui menulis.

Related Posts

Posting Komentar