Resensi Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

"Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat": Panduan realistis Mark Manson untuk hidup bahagia dengan fokus pada hal yang penting dan lepas dari tekanan.
Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat
Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat
Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Judul buku

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Penulis

Mark Manson

Resensi

"Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat" karya Mark Manson adalah sebuah buku self-help yang menawarkan perspektif berbeda dalam menghadapi masalah dan tekanan hidup. Manson menggunakan pendekatan yang realistis dan seringkali tidak konvensional untuk menunjukkan bagaimana kita dapat menjalani hidup yang lebih bahagia dan bermakna dengan mengurangi perhatian terhadap hal-hal yang tidak penting.

Isi Buku

Buku ini terdiri dari sembilan bab yang masing-masing membawa pesan kuat tentang bagaimana kita seharusnya bersikap terhadap berbagai tantangan hidup. Manson mengajarkan kita untuk menerima kenyataan bahwa kita tidak bisa selalu merasa bahagia dan bahwa kita harus memilih dengan bijak hal-hal yang benar-benar layak untuk diperhatikan.

Gaya Penulisan

Manson menggunakan bahasa yang lugas, terkadang kasar, tetapi penuh humor. Ini membuat bukunya terasa seperti percakapan santai dengan seorang teman yang jujur dan apa adanya. Pendekatan ini membuat konsep-konsep yang disampaikan terasa lebih mudah dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Keunggulan

Kejujuran Brutal

Manson tidak menutupi kenyataan hidup yang keras dan seringkali tidak adil. Ini memberikan perspektif yang menyegarkan dibandingkan dengan banyak buku self-help yang cenderung terlalu optimis.

Relevansi

Banyak contoh dan cerita yang dibagikan sangat relevan dengan kehidupan modern, terutama bagi generasi muda yang sering kali merasa terbebani oleh ekspektasi dan tekanan sosial.

Praktikal

Buku ini memberikan saran praktis yang bisa langsung diterapkan, seperti bagaimana menetapkan prioritas dan memutuskan hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup.

Kelemahan

Bahasa yang Kasar

Gaya bahasa Manson yang lugas dan kadang kasar mungkin tidak cocok untuk semua pembaca.

Pendekatan yang Terkesan Nihilistik

Beberapa orang mungkin merasa bahwa pendekatan Manson terlalu nihilistik atau pesimistis.

Kesimpulan

"Seni untuk Bersikap Bodo Amat" adalah buku yang cocok bagi mereka yang mencari pendekatan baru dalam menghadapi masalah hidup. Dengan kejujuran dan humor, Mark Manson membantu pembaca untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dan melepaskan diri dari tekanan yang tidak perlu. Buku ini menawarkan pandangan yang realistis dan kadang-kadang brutal tentang kehidupan, tetapi justru di situlah letak kekuatannya: mengajarkan kita untuk menerima kenyataan dan memilih untuk tidak peduli pada hal-hal yang tidak penting.


Dapatkan buku "Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat" di Shopee atau Tokopedia dan mulailah hidup dengan lebih bahagia dan fokus pada hal yang benar-benar penting!

Baca juga:
Stay curious and keep learning.