Copywriting SEO Praktis untuk Pemula

Panduan praktis untuk pemula dalam menggabungkan copywriting menarik dengan teknik SEO. Tingkatkan visibilitas konten Anda dengan langkah mudah.

Copywriting SEO Praktis untuk Pemula

Pengantar SEO copywriting

SEO copywriting adalah seni menggabungkan penulisan yang menarik dengan optimasi mesin pencari. Teknik SEO copywriting memungkinkan konten Anda ditemukan dengan mudah oleh audiens yang tepat. Menulis dengan pendekatan SEO membantu meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian. Pengantar SEO copywriting membahas strategi untuk meningkatkan visibilitas online. Pelajari dasar-dasar SEO copywriting untuk menghasilkan konten yang efektif dan menarik.

Apa itu copywriting?

Copywriting adalah seni membuat teks yang dimaksudkan untuk memperoleh respon tertentu dari audiens. Mereka dapat digunakan di berbagai tempat, sebagai slogan dan moto iklan, penawaran, skrip, deskripsi produk di toko online atau di blog. Copywriter dibutuhkan dimanapun teks yang ditulis dengan baik menghasilkan keuntungan.

Definisi SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization dan mengacu pada semua aktivitas yang bertujuan untuk mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari, terutama Google. Dengan bantuan SEO, Anda dapat meningkatkan posisi situs web Anda dan karenanya meningkatkan audiens konten Anda.

Mengapa orang menyewa copywriter SEO?

SEO adalah bagian yang sangat penting dalam pemasaran online, karena dengan bantuannya Anda dapat meningkatkan penjualan dan jumlah interaksi dengan situs Anda dengan biaya yang cukup rendah. Kami telah menyebutkan bahwa SEO adalah serangkaian aktivitas yang mengarah pada peningkatan posisi situs web.

Salah satu kegiatan tersebut adalah copywriting dan link-building. Inilah yang dilakukan copywriter SEO, menciptakan konten yang ramah pengguna dan mesin pencari. Teks yang ditulis dengan baik tidaklah murah, namun tentu saja harganya lebih murah dibandingkan kampanye Google Ads, jadi anggaplah ini sebagai investasi yang bagus.

Apa itu kata kunci?

Kata kunci adalah kata atau frasa yang mempunyai arti khusus dalam konten situs Anda. Jika frasa "mobil sport" atau "pc gaming" sering muncul di situs Anda, algoritme akan mengenali bahwa pengguna yang tertarik dengan mobil atau game harus dirujuk ke Anda. Artikel Anda harus ditulis sedemikian rupa untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pengguna, sehingga banyak perhatian harus diberikan pada pemilihan kata kunci. Jumlah teksnya tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit, agar Google tidak menganggap artikel Anda tidak wajar atau tidak akurat.

Fakta-fakta dasar sudah selesai, sekarang saatnya untuk langkah selanjutnya. Copywriter SEO menangani berbagai tugas yang terkadang rumit, sehingga mereka menggunakan sejumlah alat yang sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Alat

Kami telah menyebutkan di bagian pendahuluan bahwa Anda harus menggunakan banyak alat untuk mempermudah pekerjaan Anda. Pada awalnya, mereka mungkin tampak sulit untuk digunakan, namun seiring waktu, produktivitas Anda akan meningkat secara signifikan. Meskipun banyak program berbayar, ada versi gratis dan masa uji coba.

Grammarly

Grammarly adalah alat yang sangat berguna untuk semua orang yang menulis teks, tidak hanya untuk copywriter SEO. Aplikasi pintar ini memungkinkan kami melakukan analisis menyeluruh terhadap konten kami dalam hal tata bahasa, keterbacaan, atau kata-kata yang digunakan. Grammarly juga tersedia sebagai plugin untuk Google Chrome.

Grammarly menawarkan 3 paket: Gratis, Premium, dan Bisnis. Meskipun pengguna berbayar dapat memanfaatkan banyak fitur tambahan, seperti pendeteksi plagiarisme dan pertukaran kata, versi gratisnya sudah cukup untuk sebagian besar copywriter SEO pemula. Fitur terpenting yaitu pengecekan teks juga sama.

Grammarly

Ahrefs keyword generator

Pada awal karir copywriting SEO Anda, Anda tidak akan memiliki intuisi untuk memilih kata kunci. Itu sebabnya alat perencanaan kata kunci ada. Meskipun Ahrefs menawarkan lebih banyak fitur dan merupakan rangkaian lengkap alat SEO, yang paling penting adalah generator kata kunci, yang ditawarkan secara gratis. Ini adalah alat yang sangat nyaman, estetis, dan andal yang digunakan oleh pengembang platform seperti Facebook. Meskipun fitur Ahrefs sangat terbatas pada paket gratisnya, Anda tidak perlu khawatir tentang berlangganan terlebih dahulu.

Ahrefs

Thesaurus

Thesaurus sangat diperlukan jika karena alasan tertentu Anda menulis untuk orang-orang yang sangat sensitif terhadap bahasa. Ini adalah alat untuk menemukan sinonim dan antonim. Pemilihan kata sangat penting dalam menulis artikel, karena dasar kata yang bervariasi akan meningkatkan kualitas teks dan memudahkan penyampaian makna. Thesaurus sepenuhnya gratis - tidak ada versi premium.

Thesaurus.com

Fiverr

Fiverr adalah platform tempat para freelancer dapat menjual layanan mereka. Jika Anda mencari klien, membuat profil di situs ini akan menjadi keputusan yang sangat baik. Meskipun Fiverr mengambil komisi dari gaji Anda, Anda akan dengan mudah mendapatkan uang yang memungkinkan Anda hidup layak.

Anda juga dapat menggunakan Fiverr jika Anda sedang mencari pengganti atau dukungan. Tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan kepada Anda tepat waktu? Di sini Anda akan menemukan bantuan!

Tidak sulit untuk melihat bahwa alat ini melakukan segalanya untuk copywriter. Aplikasi dan website yang kami sajikan hanyalah sebagian kecil saja. Daftar di atas bisa melebihi 50 saran. Dalam pekerjaan Anda, jangan takut untuk bereksperimen, karena setiap copywriter memiliki persyaratan yang sedikit berbeda dan memerlukan alat yang berbeda. Memilih program mungkin membutuhkan waktu yang lama, namun pastinya akan terbayar dengan keuntungan yang besar.

Fiverr

Optimalisasi teks Anda - latihan

Saatnya untuk menggunakan keterampilan yang Anda peroleh di bagian pertama kursus. Cobalah untuk melakukan tugas sebaik mungkin, tetapi jangan marah pada diri sendiri jika Anda gagal membuat konten yang bagus. Ingatlah untuk menguji alat yang kami tulis di atas.

Memperbaiki teks yang ada

Teks ini tidak akan ditulis dengan baik, karena sebagai copywriter pemula Anda harus melatih keterampilan Anda dan mendapatkan pengalaman dalam menulis teks untuk Internet dan SEO. Bayangkan Anda sekarang sedang mengedit sebuah artikel untuk situs yang berhubungan dengan audit SEO.

"Audit SEO adalah bagian yang sangat penting dari strategi pemasaran merek Anda. Dengan bantuan audit SEO, Anda akan mengetahui apa yang perlu ditingkatkan di situs web Anda dan kemudian menerima kode diskon unik yang memberi Anda diskon 10 persen untuk SEO kami layanan pengptimalan, tetapi untuk melakukan itu, Anda perlu menggunakan audit SEO kami, yang dapat Anda beli hanya dengan Rp. 999,000. Audit SEO adalah investasi yang bagus untuk perusahaan mana pun yang menjalankan, toko online, blog, atau hanya menggunakan situs untuk iklannya. Audit seo kami cepat dan efisien, Anda pasti akan puas dan menghasilkan banyak uang bersama kami."

Oh, contoh di atas memiliki banyak kesalahan sehingga mungkin lebih mudah untuk menulis ulang. Berikut ini adalah beberapa revisi untuk tulisan di atas:

  • Ada kesalahan ketik pada kata "pengoptimalan", ini tidak bisa diterima
  • Koma dimasukkan secara tidak benar
  • Teks tidak berisi pesan, Anda bisa tersesat di dalamnya
  • Kalimatnya terlalu panjang untuk sebuah paragraf
  • Informasi tentang harga layanan dan diskon harus disertakan di akhir teks
  • Tidak ada bagian teks yang dicetak tebal

Tulis teks pertama Anda sendiri

Sekarang waktunya untuk teks pertama. Bayangkan pelanggan Anda menjalankan sekolah bahasa di London. Ia mengajar kursus yang mengajarkan bahasa Prancis, Spanyol, dan Denmark di berbagai tingkatan, mulai dari tingkat pemula hingga mahir. Anda diminta untuk menulis gambaran singkat tentang kegiatan perusahaan sehingga orang yang mencari kursus bahasa di London akan datang ke halaman ini. Cobalah menulis teks iklan yang panjangnya sekitar 150 kata. Anda dapat menemukan proposal kami di bawah ini. Anda harus memilih setidaknya 3 frase kunci.

“Bahasa asing adalah passion terbesar kami. Kami telah mengajar mereka selama lebih dari 10 tahun, dan saat ini kami menawarkan kursus bahasa Prancis untuk pelajar pemula dan lanjutan, kursus bahasa Spanyol oleh penutur asli, dan kursus bahasa Denmark untuk mempersiapkan Anda belajar di negara ini.

Semua guru kami memiliki sertifikasi bahasa dan pengalaman luas mengajar orang-orang dari segala usia. Jika Anda ingin belajar bahasa Denmark, Anda tidak akan menemukan sekolah yang lebih baik daripada LongGuages. Kelas kami diadakan di 4 lokasi, yang dapat Anda lihat DI SINI. Kami mengadakan kursus sebelum tengah hari dan malam hari, sehingga penawaran kami sangat terjangkau.

Untuk mendaftar kursus bahasa Denmark, Perancis atau Spanyol, gunakan formulir yang tersedia di tab "daftar". dan jika Anda tertarik dengan e-book kami tentang pembelajaran bahasa, Anda dapat menemukannya dengan mengklik link ini: LINK

Anda tidak akan menjadi copywriter SEO yang baik jika Anda tidak menulis banyak teks. Profesi ini membutuhkan keterampilan praktis dan tekad, karena copywriter yang tidak berpengalaman mengalami kesulitan besar dalam mencari pekerjaan. Jika Anda ingin memperoleh keterampilan yang berharga dan membangun portofolio, Anda juga dapat menulis teks secara gratis atau dengan menawarkan harga yang sangat rendah. Teks yang dapat diedit sendiri yang tersedia di Internet juga akan menjadi latihan yang baik.

Kata, CIS, atau halaman A4?

Saat Anda mulai bekerja sebagai copywriter, menentukan harga teks Anda bisa menjadi masalah bagi Anda. Dalam bab ini, kami akan memperkenalkan Anda pada beberapa metode penetapan harga.

Karakter termasuk spasi

Ini adalah metode yang cukup populer, meskipun tidak dapat diandalkan. Anda dapat memeriksa jumlah karakter dalam sebuah artikel menggunakan pintasan Ctrl + Shift + C. Penetapan harga berbasis CIS (Content Informational Summary) semakin jarang digunakan, karena panjang kata yang digunakan sangat bervariasi tergantung pada kata yang digunakan oleh copywriter. Bahasa khusus cenderung didasarkan pada kata-kata yang lebih panjang dan kompleks, sehingga teks yang ditujukan untuk orang-orang dengan kebutuhan bahasa yang lebih tinggi atau spesialis akan lebih panjang, bahkan dengan jumlah kata yang sama. Tentu saja, copywriter sering kali menyesuaikan tarif berdasarkan kompleksitas topik, jumlah penelitian yang dibutuhkan, dll.

Pada platform lepas seperti Fiverr, copywriter sering kali menawarkan jumlah tertentu untuk 300, 500, atau 1.000 kata. Ini juga bukan solusi yang baik, karena setiap tugas memerlukan jumlah pekerjaan yang berbeda. Namun demikian, sebagian besar copywriter SEO fokus pada jumlah kata.

Halaman A4

Jika, sebagai copywriter SEO, Anda diminta untuk menulis teks dalam jumlah besar, Anda mungkin menagih klien Anda berdasarkan jumlah halaman yang ditulis. Karena volume teksnya besar, ketelitian tidak begitu diperlukan. Meskipun ini adalah metode yang terutama digunakan oleh ghost writer yang menulis buku, misalnya, Anda mungkin juga harus menggunakannya.

Ringkasan

Selamat, Anda baru saja menyelesaikan Kursus Praktis SEO Copywriting untuk Pemula!

Artikel "Copywriting SEO Praktis untuk Pemula" membahas langkah-langkah dasar menggabungkan penulisan menarik dengan teknik optimasi mesin pencari. Artikel ini menekankan pentingnya penelitian kata kunci, penulisan konten yang informatif, serta optimasi judul, meta deskripsi, dan penggunaan kata kunci. Dengan panduan ini, pemula dapat membuat konten yang menarik pembaca dan meningkatkan visibilitas di mesin pencari.

Baca juga :