Trik Mengetik 10 Jari dengan Cepat Untuk Pemula

Teknik belajar mengetik 10 jari khusus untuk para pemula.
Ada banyak cara untuk membuat hidup kamu menjadi lebih praktis. Salah satunya adalah dengan mengetik 10 jari. Dengan mengetik 10 jari, Kamu bisa menghasilkan tulisan lebih cepat karena tidak harus melihat keyboard lagi.
Trik Mengetik 10 Jari dengan Cepat Untuk Pemula
Photo by Thought Catalog on Unsplash

Namun, kemampuan ini sayangnya tidak dimiliki oleh semua orang. Apakah kamu ingin memiliki kemampuan ini? Berikut trik dan cara mengetik 10 jari dengan cepat khusus untuk para pemula.

Atur postur tubuh saat mengetik

Sebelum kamu belajar mengetik 10 jari, aturlah postur tubuh dengan tepat. Postur tubuh akan sangat mempengaruhi kamu saat mengetik. Postur tubuh yang salah hanya akan membuat kamu tidak nyaman dan kesulitan saat mengetik.

Jika dijadikan kebiasaan, postur tubuh yang salah saat mengetik bahkan berpotensi menimbulkan cedera pada otot punggung.

Postur tubuh yang tepat saat mengetik adalah duduk tegap. Pastikan punggung kamu ada dalam posisi tegak lurus. Usahakan siku tangan tertekuk dalam sudut 90°.

Jangan lupa juga untuk mengatur jarak antara mata dengan layar komputer. Jarak yang disarankan adalah antara 45-70 cm. Jangan terlalu dekat atau terlalu jauh karena bisa membuat mata lelah.

Posisi jari yang tepat

Langkah awal mengetik 10 jari adalah dengan mengatur posisi jari. Pastikan jari-jari kamu berada pada posisi yang tepat sebelum mengetik. Letakkan jemari tangan kanan di key J, K, dan L dengan urutan jari telunjuk, tengah, dan manis.

Sedangkan jemari tangan kiri di key A, S, D, dan F dangan urutan jari kelinking, manis, tengah, dan telunjuk. Posisi ini disebut juga dengan home row atau baris rumah. Ini Karena baris tersebut merupakan posisi awal dalam teknik mengetik 10 jari.

Untuk memudahkan kamu, biasanya pada bagian F dan J keyboard ada sebuah garis timbul. Gunakan Tanda tersebut untuk menempatkan jemari kamu sebelum mengetik tanpa harus melihat keyboard.

Gerakan jari saat mengetik

Teknik Typing 10 jari memang unik. Cara ini akan membuat pekerjaan kamu menjadi lebih cepat selesai, tetapi cukup sulit untuk dijadikan kebiasaan. Walau begitu, bukan berarti kamu tidak bisa melatihnya.

Kuncinya adalah selalu memperhatikan gerakan jari saat mengetik. Usahakan jari kamu selalu bergerak sesuai denagan tempatnya dan tidak berlebihan.

Dalam teknik typing 10 jari, setiap jari punya tugasnya masing-masing. Misalnya, jari telunjuk sebelah kanan bertugas untuk menekan key J, M, U, Y, H, dan N. Sadangkan kedua jempol tangan bertugas untuk menekan key Spasi. Jadi pastikan gerakan jemari kamu terbatas pada key yang memang menjadi bagiannya saja, ya.

Jangan berhenti berlatih

Saat awal belajar mengetik 10 jari, kamu mungkin akan merasa kesulitan. Hal tersebut wajar karena cara mengetik kamu selama ini sudah menjadi sebuah kebiasaan. Untuk mengubah kebiasaan yang sudah mengakar jelas bukanlah perkara yang mudah.

Kamu sebaiknya rutin berlatih. Ambil sebuah teks untuk diketik ulang. Tingkatkan level kesulitan saat kamu sudah merasa bisa. Latihan seperti ini akan membiasakan otot tangan kamu untuk bergerak sesuai dengan teknik 10 jari saat sedang mengetik.

Itulah beberapa cara mengetik 10 jari yang bisa kamu coba. Semangat ya!

Pencandu kopi hitam panas dengan sedikit gula.

Posting Komentar

Berikan kritik dan saran yang membangun.
© Abengkris. All rights reserved. Developed by Jago Desain