SIcBCNYYowU9yLaT7xeY79BwuoTOboEitKQqE4L9
Kenapa Resolusi Tahun Baru Menjadi Penting?

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

www.domainesia.com

Kenapa Resolusi Tahun Baru Menjadi Penting?

Menjadi tradisi, setiap pergantian tahun baru orang-orang ramai membicarakan resolusi mereka masing-masing. Mengunggah harapan-harapan dalam bentuk tulisan di sosial media, contohnya. Lalu, menurutmu apa yang dimaksud dengan resolusi itu sendiri? Dan, kenapa ini menjadi "penting" untuk di bahas. (?)

Sebelum itu, berikut ini adalah arti/maknanya  menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring:
resolusi /re·so·lu·si/ /résolusi/ n putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal - kbbi.web.id
Kenapa resolusi tahun baru itu penting?
Kalau merujuk dari situs kbbi daring tersebut berarti apa yang dimaksud dengan resolusi adalah sebuah hasil pertimbangan yang matang menuntut hal-hal apa saja yang harus dilakukan kemudian.

Tradisi resolusi tahun baru ini sebenarnya juga sebuah tradisi sekuler yang umumnya dilakukan dunia barat, kemudian masif diikuti di seluruh dunia. Pada umumnya pula tradisi ini mengacu pada seseorang yang berjanji akan melakukan tindakan perbaikan diri yang akan dimulai di tahun yang baru.

Dengan begitu resolusi bukanlah sebuah harapan, ia adalah target dengan tekad yang bulat dan harus dilaksanakan. Meskipun nantinya selalu ada saja halangan yang mencoba menggagalkan. Lebih tepatnya ia adalah sebuah agenda atau catatan penting yang harus di capai dalam tenggat waktu yang sudah ditentukan sendiri.

Misalnya, kamu mau menikah tahun ini, maka kamu kejar itu, hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk pernikahan: ketering, tenda/sewa gedung, sudah pasti uang paling utama, atau calonnya belum ada? Cari! Wujudkan dengan cara apapun, yang penting halal.

Banyak orang gagal mewujudkan resolusinya sendiri, karena apa, mereka salah arti, resolusi bukanlah do'a pengharapan, ia adalah janji kepada diri sendiri dan harus ditepati. Karena resolusi adalah hasil dari pertimbangan matang dan sudah menjadi keputusan bulat. Oleh karena itu perjuangkan.

Memang kadang membosankan setiap tahun resolusi-resolusi melulu, harapan-harapan belaka, tidak kesampaian. Jangan sedih, ini lah kehidupan, jika resolusi tahun kemarin belum terwujud, tahun ini masih sangat bisa dilanjutkan.

Berusaha terus sampai terwujud, sampai bisa, sampai jodoh. Ini yang dimaksud kenapa resolusi itu "penting", agar hidup kita memiliki tujuan. Tidak luntang-lantung tidak jelas kemana arahnya. Kerja setiap hari, lembur, pergi pagi pulang dua hari kemudian (nginep rumah temen) sia-sia jika tidak memiliki tujuan.

Yang pengangguran bagaimana? Ya sama saja, buat resolusimu semasuk-akal mungkin lalu lari dan kejar sampai dapat. Minimal ada usaha untuk mencari pekerjaan, jangan asik bermalas-malasan. Mentang-mentang ada yang bisa jadi tumpangan terus keenakan, sadar lah kamu itu benalu, parasit, malulah dan buat tujuan dalam hidupmu. Eits, jangan berkecil hati, ini justru menjadi motivasi, bukan? Jangan bebal.

Dengan kebesaran hati tanpa menggurui setidaknya tulisan ini sedikit-banyak memberi penjelasan mengenai kenapa resolusi tahun baru menjadi "penting" untuk dibahas. Tentunya dari sisi perspektif saya sendiri sebagai penulis dan beberapa sumber terpercaya. Ambil positifnya, ambil juga negatifnya, ambil saja semuanya, saya baik orangnya.

Beri tahu tulisan ini kepada mereka yang membutuhkan pengertian tentang resolusi.  Ini penting.

Baca Juga
SHARE
Abengkris
"Aku akan memperkenalkan semestaku padamu melalui tulisan"
Newest Older

Related Posts

Berlangganan Artikel

Post a Comment

Iklan Tengah Post

Recent